Netizen Korea mendiskusikan popularitas dari boy grup rookie SM Entertainment, yang tidak lain ialah NCT.

Seperti yang penggemar ketahui, NCT merupakan proyek boy grup baru yang didebutkan oleh SM Entertainment.

Meskipun sudah berkarir selama lebih dari satu tahun, netizen merasa popularitas NCT masih belum sebanding dengan senior mereka khususnya EXO. Seorang netizen di situs Pann kemudian beranggapan bahwa popularitas NCT terhambat karena SM Entertainment terlalu fokus pada promosi EXO.

Seperti yang ditulis oleh netizen Korea tersebut, “Mereka sebenarnya berencana untuk mengirim EXO ke luar negeri. Jika mereka mengikuti rencana awal, dan mengirimkan mereka ke Jepang dan Tiongkok seperti Big Bang, memang ada kemungkinan yang terburuk. Seperti kita tidak bisa melihat wajah mereka di Korea lagi.”

“Dan para penggemar EXO akan berpindah ke fandom NCT. Mungkin itu rencana yang mereka harapkan. Tapi kenyataannya? EXO tidak dikirim ke luar negeri, tapi mereka malah fokus promosi di Korea. Dan fandom NCT sama sekali tidak berkembang. Biasanya, fandom SM akan saling turun temurun setiap ada grup yang baru.”

“Tapi sekarang menu di kafetaria malah menunjukkan wajah BTS dan SEVENTEEN. Para nuna juga lebih memilih Wanna One. SM pastinya merasa sangat frustasi. Mereka pasti berharap NCT akan menyapu bersih seluruh penghargaan, tapi kenyataannya, orang-orang memaki mereka dan bertanya, ‘Siapa sih mereka?'”

“Menurutku mereka tidak pernah mempromosikan NCT seperti mereka mempromosikan EXO secara habis-habisan. Grup yang sudah debut lebih dari lima tahun masih melakukan promosi tiga kali setahun, dan SM masih belum ada niat untuk mempromosikan para juniornya.”

Menanggapi tulisan ini, netizen lain memberikan komentar pro dan kontra seperti,

“Aku setuju 50% dan tidak setuju 50% dengan pendapatmu. EXO punya penggemar yang hardcore, bahkan jika anggotanya sudah masuk wajib militer, penggemarnya tidak akan meninggalkan mereka. Dan jika memang fandom SM selalu turun temurun, ketika anggota NCT lebih sering muncul di televisi ketimbang EXO, fandom bisa saja berpindah, tapi yang ada fandom malah tidak menerima kehadiran NCT. Sebenarnya bukan soal turun temurun, EXO adalah grup yang memiliki kemampuan bernyanyi baik sedangkan NCT adalah grup hip hop, mereka adalah dua grup yang berbeda,”

“NCT sebenarnya cukup berbakat. Masalahnya adalah konsep mereka, terkadang terlalu riskan,”

“Aku rasa NCT tidak akan bisa populer selama EXO masih di atas. Agensi harus gencar mempromosikan NCT saat pamor EXO mulai turun. Aku berharap mereka berhenti memberikan konsep garang dan memberikan konsep yang lebih mewah seperti kebanyakan grup saat ini. Apalagi anggotanya juga sangat berbakat,”

“Bukankah karena EXO memiliki fans dari awal? Mereka bisa populer karena penggemarnya, jadi sangat sulit bagi penggemar untuk meninggalkan mereka,”

“Berbicara soal fandom turun temurun, bukan berarti TVXQ>Super Junior>SHINee>EXO juga. Dari mana teori itu berasal? Untuk apa penggemar EXO keluar dari fandom demi NCT? Aku rasa rencana awal SM mendebutkan NCT ialah untuk merebut penggemar BTS, SEVENTEEN dan Wanna One, tapi nyatanya mereka gagal,” komentar yang lain.

Bagaimana tanggapan kalian terhadap diskusi netizen Korea mengenai popularitas boy grup NCT ini? (www.kpopchart.net)