Berbagai pakar dari industri hiburan memilih lagu, artis hingga brand K-Pop terbaik pada tahun ini.

Salah satu media asal Korea Selatan bernama JoyNews24 menggelar survei mulai 15 hingga 24 Oktober lalu, yang melibatkan 200 pakar dari industri hiburan.

Bangtan Boys dipilih sebagai brand K-pop terbaik pada tahun 2017, dengan total voting mencapai 82 poin. Wanna One menyusul di posisi kedua dengan perolehan 45 poin, dan SM Entertainment di posisi ketiga dengan 20 poin.

Pada urutan berikutnya terdapat nama EXO, ‘Produce 101’, ‘Show Me The Money’, Big Bang, IU, G-Dragon, YG Entertainment dan TWICE.

Sementara untuk kategori artis terbaik, Bangtan Boys dan Wanna One berhasil menempati urutan pertama dan kedua dengan perbedaan skor yang tipis, 50 dan 44 poin. IU masuk di urutan ketiga dan TWICE pada posisi keempat.

Nama-nama lainnya yang masuk dalam daftar artis terbaik ialah Yoon Jong Shin, EXO, Heize, Sunmi, MAMAMOO, Davichi, The Black Skirts, Lee Hyori, Zico, Penomeco, dan BtoB.

Terakhir untuk kategori lagu terbaik dinobatkan kepada ‘Like It’ milik Yoon Jong Shin dengan total 49 poin. Di urutan kedua terdapat lagu ‘Pick Me’ dari ‘Produce 101’ season 2 dengan perolehan 45 poin.

Pada urutan selanjutnya ditempati oleh ‘You, Clouds, Rain’ Heize, ‘Red Flavor’ Red Velvet, ‘Through The Night’, ‘Autumn Morning’, dan ‘Palette’ IU, serta ‘Signal’ dan ‘Knock knock’ milik TWICE.

Apakah kalian setuju dengan pilihan para pakar di atas? (www.kpopchart.net)