Konflik THAAD yang sempat membuat ketegangan di antara Korea Selatan dan Tiongkok akhirnya mereda.

Pada hari Sabtu (11/11), presiden Korea Selatan Moon Jae In dan presiden Xi Jinping dari Tiongkok melakukan pertemuan di KTT APEC VIETNAM 2017 bersama pemimpin-pemimpin negara lain, termasuk presiden Jokowi, Trump dan Putin.

Dalam pertemuan tersebut, presiden Korea Selatan dan Tiongkok sepakat untuk menghentikan konflik THAAD yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun. Namun presiden Tiongkok meminta pemerintah Korea untuk bertanggung jawab atas pemasangan THAAD atau sistem pertahanan misil, dan meminta mereka segera melakukan perundingan untuk berdamai dengan Korea Utara.

Selama konflik THAAD berlangsung, pemerintah Tiongkok memberikan tekanan kepada Korea Selatan dengan memblokir semua akses hiburan berbau Hallyu di negara mereka. Pemerintah Tiongkok juga melarang warganya untuk pergi ke Korea Selatan dan menutup segala bisnis yang berasal dari Korea Selatan.

Alhasil, banyak selebriti Korea yang tidak bisa melakukan promosi di Tiongkok. Begitu juga dengan artis Korea-Tiongkok, yang tidak bisa melakukan promosi di Korea. Seperti halnya Lay, yang selama ini tidak bisa melakukan promosi bersama EXO.

Dengan berakhirnya konflik kedua negara, tampaknya industri hiburan Korea-Tiongkok akan segera kembali seperti semula, meskipun tidak akan segera terjadi dalam waktu dekat ini. (www.kpopchart.net)