Tentunya banyak orang yang bertanya-tanya kenapa SM Entertainment tidak pernah mengirimkan trainee mereka untuk mengikuti program survival.

Tak dapat dipungkiri, berbagai program survival khususnya ‘Produce 101’ mendapatkan popularitas yang sangat besar. Apalagi kini bertaburan program-program serupa, seperti ‘The Unit’ di KBS dan ‘MIXNINE’ di JTBC.

Namun dari sekian banyak program survival tersebut, tak satupun di antara mereka yang berasal dari SM Entertainment. Meski memang ada beberapa di antara peserta, yang dulunya pernah menjadi trainee di agensi raksasa itu.

Salah seorang pengamat di industri hiburan Korea Selatan mengatakan, “Agensi sebesar SM Entertainment sebenarnya tidak punya banyak keuntungan jika mengirimkan trainee mereka ke program survival. Trainee yang berpartisipasi dalam program memang kemungkinan besar bisa mendapat banyak sorotan, tapi keuntungan yang didapatkan oleh trainee yang berhasil debut di program tersebut tidak akan memberikan jaminan keuntungan pada agensi.”

Pakar lainnya mengatakan, “Sebagai salah satu agensi papan atas, besar maknanya jika SM tidak terjun dalam tren, dan sangat menarik bagaimana saat ini stasiun televisi melakukan hal yang biasanya dilakukan oleh agensi. Sebelumnya agensi menggunakan metode mereka sendiri untuk mendebutkan idol, tapi karena kesuskesan besar ‘Produce 101’ sekarang setiap agensi berlomba-lomba untuk ikut berpartisipasi dalam program survival.”

“Jika SM ikut berpartisipasi dalam tren ini, maka kemungkinan akan memberikan efek negatif pada industri. Sebagai pelopor di industri, patut dipuji karena SM tidak ikut dalam tren dan tetap menjaga kedudukan mereka,” jelasnya. (www.kpopchart.net)