Popularitas dan kesuksesan boy grup Bangtan Boys memang tidak perlu diragukan lagi.

Beberapa minggu ke belakang Bangtan Boys sudah mendapatkan banyak prestasi dan rekor di sana sini dengan mini album ‘Love Yourself: Her’.

Mini album tersebut berhasil terjual sebanyak 1,2 juta keping pada bulan pertama, rekor baru yang berhasil dicetak oleh Bangtan Boys setelah 16 tahun lalu rekor yang sama berhasil dicetak oleh g.o.d dengan album ‘Chapter 4’.

Bukan cuma itu, Bangtan Boys juga berhasil masuk dalam urutan teratas chart Billboard 200 dan Hot 100 Billboard, dan menyabet banyak trofi di program musik. Bahkan sebelumnya Bangtan Boys digadang-gadang akan masuk dalam nominasi penghargaan ‘GRAMMY Awards’.

Di era digital penjualan album fisik sangatlah sulit, karena kebanyakan dari konsumen lebih memilih untuk membeli lagu melalui situs penyedia musik online. Sehingga pencapaian yang didapatkan oleh Bangtan Boys ini begitu luar biasa.

Sebelumnya EXO juga berhasil menjual album fisik mereka dalam jutaan keping, namun EXO berhasil mendapatkan angka tersebut dengan menjual dua album sekaligus. Sedangkan Bangtan Boys berhasil mendapatkan rekor tersebut hanya dengan satu buah album.

Im Jin Mo selaku kritikus musik di Korea Selatan menuturkan, “Ada dua kriteria untuk menilai kesuksesan seorang penyanyi, yakni mendapatkan angka penjualan album tertinggi dan memuncaki chart Billboard. Bangtan Boys berhasil mendapatkan dua-duanya.”

“Sekarang Bangtan Boys sudah resmi menjadi pemimpin K-Pop. Mereka berhasil memberikan pengaruh yang besar pada industri ini. Sebelum ada Bangtan Boys, banyak orang yang beranggapan kalau K-Pop sedang mengalami kemerosotan, namun kini Bangtan Boys seolah-olah telah memberikan napas kehidupan yang baru.”

“Kekuatan terbesar mereka adalah kemampuan untuk bersimpati kepada orang lain melalui musik. Mereka mampu mengekspresikan topik-topik umum seperti masa muda, cinta, dan lainnya dengan cara yang unik, membuat sebuah simbol tersendiri. Lirik mereka mengandung gagasan filosofis dan puitis yang menggambarkan kecerdasan, yang kemungkinan terinsiprasi dari novel ‘1Q84’ cipitaan¬†Haruki Murakami yang dihormati oleh banyak orang,” ujarnya. (www.kpopchart.net)