Bermunculannya berbagai girl grup populer dua hingga tiga tahun terakhir tidak berarti mematikan dampak besar yang diciptakan oleh girl grup yang telah berkarir sejak 1 dekade sebelumnya.

Beberapa girl grup seperti SNSD, 2NE1 dan Wonder Girls memiliki pengaruh yang begitu besar bagi perkembangan Hallyu di seluruh dunia sehingga dapat diterima dengan lebih baik seperti sekarang ini.

Dengan berbagai lagu hits yang berhasil menyihir para penggemarnya di seluruh dunia, pelantun ‘Gee’, ‘I Am The Best’ dan ‘Nobody’ tersebut menggiring dan membuka jalan untuk girl grup junior mereka.

Namun selain ketiganya, kritikus Billboard ternyata memiliki 7 girl grup lainnya yang dianggap memiliki impact yang begitu berpengaruh di sepanjang 10 tahun terakhir.

10. Miss A

Dimulai dari posisi paling bontot, ditempati oleh girl grup JYP Entertainment, Miss A. Girl grup yang memulai debut dengan lagu ‘Bad Girl Good Girl’ ini berhasil mendapatkan sorotan dari publik Korea hingga meraih kepopuleran yang tidak dapat dianggap remeh bahkan sejak perilisan terakhir mereka ‘Only You’ sebelum beberapa anggota memutuskan untuk barkarir solo dan keluar dari grup dan agensi.

9. APink

Di posisi ke-9 ditempati oleh APink. Girl grup yang bernaung di bawah label Plan A Entertainment ini sukses memikat para penggemarnya, Pink Panda dengan musik innocent yang dipertahankan bahkan hingga grup berumur 7 tahun seperti sekarang.

8. 4Minute

Di tempat ke-8 diduduki oleh girl grup Cube Entertainment, 4Minute. Meskipun telah dinyatakan bubar, girl grup yang debut pada tahun 2009 ini sempat mencapai puncak kesuksesan berkat hits ‘Hot Issue’ di tahun 2010.

7. f(x)

Setelah sukses mendebutkan girl grup SNSD di tahun 2007, SM Entertainment kembali sukses menelurkan girl grup mereka dua tahun setelahnya.

Ya, siapa lagi kalau bukan f(x). Girl grup yang kini telah berkarir sebagai tiga anggota setelah keluarnya Choi Sulli dari grup ini sempat mendapatkan kepopuleran yang begitu besar dengan berbagai hitsnya seperti ‘Hot Summer’, ‘Pinocchio’, ‘Electric Shock’ dan lainnya.

6. KARA

Billboard kemudian memilih KARA sebagai girl grup yang menempati posisi ke-6. Grup yang telah dikonfirmasi bubar oleh agensi mereka ini sempat meraih kejayaan dengan lagu hits seperti ‘Mr.’, ‘STEP’, ‘Pandora’ dan masih banyak lainnya.

5. After School dan sub unit Orange Caramel

Memasuki 5 besar, Billboard ternyata memilih After School dan sekaligus sub unit Orange Caramel menempati posisi 5 dengan gebrakan yang begitu mengejutkan, dimana grup tampil dengan konsep marching band untuk lagu ‘BANG!’ di tahun 2011.

4. Brown Eyed Girls

Posisi ke-4 ditempati oleh Brown Eyed Girls, girl grup yang debut sejak tahun 2006 ini sukses mencetakkan berbagai hits salah satunya adalah ‘Abracadabra’ yang menjadi puncak karir grup di tahun 2009.

3. Wonder Girls

Di peringkat ke-3, girl grup pertama yang dicetakkan JYP Entertainment, Wonder Girls berhasil menggemparkan publik bahkan dunia dengan mega hits ‘Nobody’ yang dirilis pada tahun 2008 silam.

Tidak hanya ‘Nobody’, girl grup juga memiliki berbagai lagu yang tak kalah hits seperti ‘Tell Me’, ‘So Hot’, ‘Like This’ hingga lagu terakhir ‘Why So Lonely’ yang menjadi lagu sukses terakhir yang dilantunkan oleh girl grup sebelum dinyatakan bubar pada Januari 2017.

2. 2NE1

Di peringkat ke-2 diduduki oleh 2NE1. Girl grup asuhan YG Entertainment dan sekaligus menjadi girl grup pertama yang debut di bawah agensi dengan genre dasar hip hop ini sukses menggemparkan industri K-Pop dengan hits ‘I Am The Best’ di tahun 2011.

Girl grup beserta lagu dan albumnya juga sempat memborong penghargaan akhir tahun, membuktikan popularitas mereka yang begitu besar. Sayangnya girl grup senior ini telah memutuskan untuk bubar pada November 2016 lalu, dan para membernya kini terbilang sukses menempuh solo karir di berbagai bidang

1.SNSD

Posisi pertama yang sekaligus disebut sebagai girl grup terbaik dalam 10 tahun terakhir oleh Billboard, ialah girl grup asuhan SM Entertainment, Girls’ Generation atau dikenal juga dengan nama SNSD.

Girl grup yang debut dua tahun setelah debut Super Junior ini mendapatkan respon yang begitu besar dari publik. Dimulai dari lagu debut mereka ‘Into The New World’ yang bahkan setahun terakhir masih terdengar di berbagai acara.

Girl grup yang sampai saat ini masih bertahan dan aktif merilis album meskipun kehilangan salah satu membernya, Jessica Jung, baru baru ini mengumumkan comeback dengan sebuah album yang akan dirilis dalam rangka merayakan ulang tahun grup yang ke-10. (www.kpopchart.net)

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…