Berubahnya sistem chart pada situs penyedia musik di Korea Selatan ternyata menuai banyak kritikan dari para penggemar idol K-Pop.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, pada akhir bulan Februari ini setiap situs penyedia musik hanya akan menghitung chart pada pukul 12 siang sampai pukul 6 sore.

Jika terdapat lagu yang dirilis di luar waktu tersebut, maka baru akan masuk pada chart keesokan harinya. Dengan kata lain, lagu yang dirilis pada dini hari tidak akan dihitung ke dalam chart sampai waktu siang hari. (Kalian bisa baca selengkapnya di sini)

Tentu saja banyak penggemar idol K-Pop yang memberikan protes, karena kebanyakan dari idol merilis lagu pada dini hari. Para penggemar kemudian ramai-ramai melayangkan protes di Twitter dengan membuat hashtag #ProtesPerubahanChartMusik yang sempat masuk dalam daftar trending topik di Korea Selatan.

Tak cuma penggemar, perwakilan dari industri musik juga memberikan tanggapan yang negatif, seperti yang dikatakan oleh seorang pakar, “Mereka hanya menghapus perhitungan chart pada dini hari, karena idol yang memiliki banyak penggemar selalu memuncaki chart musik. Masih tidak jelas apakah itu adalah cara yang efektif.”

Ada juga yang mengatakan bahwa hal ini sama sekali tidak mengatasi ‘sajaegi’, ketimbang memandang rendah para penggemar idol K-Pop, yang merupakan konsumen musik terbesar.

Bagaimana tanggapan kalian mengenai hal ini? (www.kpopchart.net)