Banyaknya drama yang telah menghiasi layar kaca televisi Korea sepanjang tahun 2016 tentunya tidak luput dari perhatian dan hype para penggemarnya di Indonesia.

Bahkan non k-fans yang awalnya tidak mengenal apapun tentang Korea baik drama, artis hingga lagu-lagunya belakangan juga ikut terjangkit virus drama Korea berkat salah satu dari 10 drama Korea terpopuler yang akan di bahas di bawah ini.

Meskipun ada puluhan seri drama yang ditayangkan setiap harinya di Korea Selatan, namun beberapa drama saja yang berhasil merangkak naik dengan rating yang tinggi ataupun dengan cerita yang menarik hingga dikenal ke manca negara, termasuk Indonesia. Sebut saja ‘Descendants of the Sun’ yang kini virusnya bahkan telah menjangkit non k-fans menjadi pecinta drama Korea.

Beberapa hari jelang penghujung tahun, Kpop Chart ingin memberikan rekomendasi beberapa drama Korea terpopuler di tahun 2016 yang patut untuk ditonton.

‘Terpopuler’ disini bukan hanya dalam artian memiliki rating yang tinggi hingga menembus angka 20 persen untuk tv nasional dan sebagainya, melainkan juga drama yang mendapatkan perhatian, dukungan hingga pujian dari netizen Korea sendiri.

Berikut 10 drama Korea terpopuler di tahun 2016 yang sayang untuk dilewatkan:

six-flying-dragons

1. Six Flying Dragons – SBS

Drama SBS yang dibintangi oleh berbagai aktor dan aktris muda berbakat seperti Yoo Ah In, Shin Se Kyung, Byun Yo Han, dan Yoon Gyun Sang ini cukup mendapatkan perhatian sejak ditayangkan 5 Oktober 2015 hingga berakhir pada 22 Maret 2016 dengan panjang 50 episode.

Drama yang berhasil memboyong banyak trofi dari berbagai acara penghargaan ini menceritakan tentang ambisi dan kisah sukses dari 6 tokoh utama dengan Lee Bang Won (Yoo Ah In) sebagai tokoh yang jadi pusat cerita. Lee Bang Won adalah raja ketiga pada Dinasti Joseon. Dia membantu ayahnya Raja Taejo mendirikan Dinasti Joseon.

Meskipun bertemakan sejarah, namun drama ini mendapatkan banyak dukungan dari para penontonnya di Korea hingga drama berhasil mendapatkan rating tertinggi yakni 17,3 persen di episode ke-50.

reply1988

2. Reply 1988 – tvN

tvN yang semakin meningkatkan pamornya dan dipandang sebagai televisi kabel dengan drama berkualitas sejak menayangkan berbagai drama khususnya ‘Misaeng’ di tahun 2014 lalu, kembali melesat naik dengan seri drama ‘Reply 1988’ yang mulai ditayangkan November 2015 hingga Januari 2016.

Kepopuleran drama bertemakan keluarga dan persahabatan pada lingkup yang kecil yang dibintangi oleh Hyeri, Ryu Joon Yeol, Go Kyung Pyo, Park Bo Gum dan Lee Dong Hwi ini mendapatkan banyak pujian dari para pemirsa Korea. Seperti judulnya, Begitupula rating drama yang berhasil menembus angka 18,8 persen.

Normalnya untuk saluran televisi kabel yang hanya dapat disaksikan oleh para pengguna televisi berlangganan, rating 10 persen sudah termasuk cukup tinggi. Namun rating episode terakhir ‘Reply 1988’ yang bahkan hampir menyentuh rating memuaskan untuk sekelas televisi nasional pada episode terakhirnya sekaligus menjadikan drama televisi kabel dengan rating tertinggi dalam sejarah.

signal-tvn

3. Signal – tvN

Berbeda dengan drama kebanyakan yang menceritakan tentang kisah cinta yang membuat air mata berlinang, chaebol tampan yang membuat para wanita berdecak kagum dan sebagainya, drama ‘Signal’ berhasil menembus pandangan sebelah mata para pemirsa terhadap genre drama fantasi-kriminal.

Dibintangi oleh Lee Je Hoon, Kim Hye Soo, dan Cho Jin Woong, drama yang mulai tayang Januari hingga Maret 2016 ini berhasil menuai banyak pujian setelah menayangkan setiap episodenya.

‘Signal’ sendiri bercerita tentang Hae Young (Lee Je Hoon) yang bekerja sebagai profiler kriminal sekaligus seorang letnan, yang dapat menyelesaikan beragam kasus kriminal sulit seperti pembunuhan berantai yang sebelumnya sempat ditutup karena kekurangan bukti. Anehnya kasus-kasus tersebut ia selesaikan dengan bantuan detektifLee Jae Han (Cho Jin Woong) yang ternyata berasal dari tahun 2000 melalui walkie-talkie jadul.

dots

4. Descendants of the Sun – KBS

Drama yang telah disebutkan di atas ini tampaknya menjadi drama KBS yang paling memikat mata para pemirsa diantara deretan lainnya. Dibintangi oleh Song Joong Ki, Song Hye Kyo, Jin Goo dan Kim Ji Won, drama berhasil menjadi satu-satunya drama dengan rating tertinggi di tahun 2016 dengan menyentuh rating pemirsa rata-rata 38,8 persen.

Drama sendiri menceritakan tentang kapten pasukan militer khusus bernama Shi Jin dan dokter Kang Mo Yeon, yang bertemu secara tidak sengaja hingga terikat satu sama lain saat ditugaskan di salah satu negara buatan dengan mengambil latar di salah satu kawasan di Yunani.

Tidak hanya dramanya, bahkan soundtrack yang dirilis bersamaan dengan perilisan sepanjang 16 episode beberapa kali berhasil mendominasi berbagai chart musik di Korea, menunjukkan popularitas drama yang luar biasa.

doctors

5. Doctors – SBS

Drama terbaru Park Shin Hye dan Kim Rae Won satu ini tidak luput jadi pusat perhatian para pemirsa sejak mulai ditayangkan Juni hingga Agustus 2016.

Sebuah drama yang menceritakan tentang seorang wanita bandel dan bertempramen layaknya gangster, karena banyaknya luka yang dideritanya saat masih kecil, bertemu dengan seorang dokter yang mengubah kepribadiannya hingga membuatnya menjadi seorang dokter.

Dengan rating tertinggi yang menjanjikan yakni 21,3 persen, membuat drama yang mengangkat tema medis ini tampaknya sudah dapat dikatakan layak untuk masuk dalam daftar tontonan drama Korea kalian.

moonlight-drawn-by-clouds

6. Moonlight Drawn by Clouds – KBS

Drama KBS yang ditayangkan dari Agustus hingga Oktober 2016 ini mengambil genre sejarah sekaligus romantis dan komedi ini dibintangi oleh Park Bo Gum dan Kim Yoo Jung.

 

Menceritakan tentang Hong Ra On, seorang wanita yang menyamar sebagai pria dan memberikan nasihat kepada para pria soal asmara. Karena surat cinta yang ia tulis untuk kliennya, ia bertemu dengan Putra Mahkota Hyomyeong. Pada awal pertemuannya, Hong Ra On tidak mengetahui bahwa pria yang ditemuinya adalah Putra Mahkota, sementara Hyomyeong pun tidak mengetahui identitas asli Hong Ra On.

Drama yang membawa unsur komedi ke dalam genre sejarah ini sukses membuat para pemirsa kagum akan cerita dan jalannya drama hingga mengantarkan ‘Moonlight Drawn by Clouds’ menyentuh rating tertinggi 23,3 persen.

scarlet-heart-ryeo

7. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo – SBS

Selanjutnya, drama yang sering disandingkan dengan ‘Moonlight Drawn by Clouds’ karena jadwal penayangan yang berdekatan serta genre sejarah yang dipakai ini juga patut untuk disaksikan.

Selain dibintangi oleh para aktor tampan seperti Lee Jun Ki, Kang Ha Neul, Hong Jong Hyun, Nam Joo Hyuk, Baekhyun, Jisoo dan Yoon Sun Woo, drama juga dibintnagi oleh solois IU yang memerankan peran utama dan tak ketinggalan Kang Ha Na, Jin Ki Joo, Seohyun dan Z.Hera dari sisi aktrisnya.

Drama sendiri menceritakan tentang Hae Soo (IU) yang kembali ke era Dinasti Goryeo saat gerhana matahari total terjadi. Di sana, ia jatuh cinta dengan Wang So (Lee Joon Ki) yang membuat orang lain gemetar ketakutan.

Meskipun tidak mendapatkan rating yang memuaskan seperti drama saingannya, namun drama ini cukup berhasil memikat perhatian para pemirsa dengan perkembangan ceritanya di setiap episodenya. Drama meraih rating tertingginya 11,3 persen di episode terakhir.

drinking-solo

8. Drinking Solo – tvN

Drama rom-com tvN yang mulai ditayangkan dari September hingga Oktober ini juga tidak kalah menjadi perbincangan dan sorotan diantara drama-drama saingannya.

Dibintangi oleh Ha Seok Jin, Park Ha Sun, Hwang Woo Seulhye, Min Jin Woong, Kim Won Hae, Gong Myung, Key, Kim Dong Young dan Jung Chae Yeon, drama yang mengambil latar belakang lembaga swasta untuk persiapan ujian kepegawaian ini menceritakan tentang orang-orang yang menikmati alkoholnya sendiri untuk alasan yang berbeda.

Kisah cinta Jung Seok (Ha Seok Jin) dan Park Ha Na (Park Ha Sun) juga menjadi pusat dari cerita, dimana Jung Seok digambarkan sebagai instruktur yang sombong namun populer, sedangkan Park Ha Na merupakan instruktur rookie yang berjuang untuk bertahan hidup di dunia lembaga swasta.

the-legend-of-the-blue-sea

9. The Legend of the Blue Sea – SBS

Drama terbaru SBS yang tengah tayang ini menjadi salah satu drama yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta drama Korea. Selain karena dibintangi oleh aktor dan aktris yang telah lama vakum di layar kaca, drama yang berkisah tentang fantasi dan legenda seputar putri duyung di Korea Selatan ini juga menjadi salah satunya faktornya.

Dibintangi oleh Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun yang terkenal akan profesionalitas dan akting yang luar biasa, drama ‘The Legend of the Blue Sea’ berawal dari kisah gubernur yang baru diangkat, Dam Ryung (Lee Min Ho) di tahun 1598 yang tak sengaja bertemu dengan putri duyung, Shim Chung (Jun Ji Hyun).

Di masa sekarang, Joon Jae (Lee Min Ho) bertemu dengan seorang gadis yang memasuki resortnya di tepi pantai, yang mana gadis tersebut tidak lain adalah Shim Chung yang memiliki hubungan yang masih menjadi misteri dengannya di masa lalu.

Drama juga berhasil mengawali episode perdana mereka dengan rating yang sangat memuaskan yakni menyentuh angka 16,4 persen.

goblin_poster

10. Goblin – tvN

Selain ‘The Legend of the Blue Sea’, drama ‘Goblin’ tvN juga menjadi salah satu drama yang dinantikan oleh pecinta drama.

Dengan ditangani oleh sutradara dan penulis naskah yang sebelumnya bekerja untuk ‘Descendants of the Sun’, drama yang dibintangi oleh Gong Yoo, Lee Dong Wook, Kim Go Eun, Yoo In Na dan Yook Sungjae ini sukses mendapatkan hati para pemirsa dengan mencatatkan rating perdana 6,322.

Rating tersebut mencatatkan sebagai rating pilot tertinggi yang pernai dicapai sepanjang sejarah drama tvN. Selain itu dengan peningkatan hampir dua kali lipat di episode minggu berikutnya membuktikan bahwa drama diterima dengan sangat baik oleh para pemirsa.

Drama mana yang belum kalian saksikan? (www.kpopchart.net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *