‘Fansign’, kata yang tak lagi asing bagi para penggemar K-Pop tersebut memang kebanyakan membuat iri para penggemar internasional. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut pasti sering dilakukan dinegara asal mereka, Korea Selatan. Tapi, apakah kalian sudah tahu bagaimana sistem dalam kegiatan tersebut?

Bagi kalian yang penasaran, berharap ataupun sudah bersiap untuk mengikuti fansign dari idol-idol K-Pop di Korea Selatan, Kpopchart akan bahas tentang fansign di artikel kali ini. Let’s start!

Apa itu Fansign?

fansign-1

 

Fansign merupakan salah satu event penting dalam promosi idol grup. Bagi idol-idol yang sudah lumayan dikenal, ada kemungkinan mereka juga menyisipkan kegiatan ini dalam masa promosinya.

Kapan Fansign diselenggarakan?

fansign-2

Jika idol grup yang kalian idolakan akan merilis album, bersiap-siaplah karena event fansign kemungkinan juga akan disisipkan dalam masa promosi mereka. Selama masa promosi dari idol, rata-rata fansign akan diadakan sebanyak 3 hingga 4 kali, namun banyaknya penyelenggaraan fansign juga tergantung dari pihak agensi masing-masing idol grup.

Bagaimana cara mengikuti Fansign?

fansign-3

Kalian harus membeli album dari idol yang bersangkutan pada toko yang sudah bekerjasama dengan agensi idol tersebut dalam periode tertentu. 100 orang adalah angka rata-rata kuota dari penggemar yang dapat mengikuti fansign. Menurut salah satu penggemar Crayon Pop, Apieth, mengatakan, “kalau kuota penggemar yang ikut dibawah 100, kita bisa fansign tanpa harus ikut undian”. Namun, bagi penggemar dari idol yang miliki popularitas tinggi seperti EXO atau TWICE, kalian harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli album lebih dari satu demi mendapatkan nomor undian agar miliki kesempatan yang lebih besar untuk memenangkan undian dan bergabung dalam fansign tersebut. Diakhir periode, nama para penggemar yang memenangkan undian untuk mengikuti fansign akan terpampang di website resmi toko yang bersangkutan.

Apa saja yang dilakukan saat Fansign?

fansign-4

Sudah berhasil untuk ikut fansign? Nah, pastikan kalian sudah menyiapkan pertanyaan singkat atau hadiah dan tentunya satu buah album yang akan ditandatangani oleh idola kalian. Fansign biasanya dilakukan selama kurang lebih 2 jam. Jika kuota penuh, kalian kalian harus memanfaatkan waktu 1-2 menit untuk melihat bias kalian dalam jarak yang sangat dekat. Namun, jika penggemar yang ikut kurang dari kuota yang sudah ditentukan, kalian kemungkinan akan dapatkan waktu sedikit lebih lama berbincang dengan idol yang bersangkutan bahkan bisa membawa lebih dari satu album untuk ditandatangani. Diakhir acara, kadang juga dilakukan foto bersama dengan seluruh penggemar peserta fansign tersebut.

Namun, tak jarang juga kegiatan fansign akan miliki perbedaan dalam sistem atau persyaratannya, yang merupakan hak dari agensi idol yang menyelenggarakannya.

Apakah kalian semakin memantapkan niat untuk mengikuti fansign dari masing-masing idola kalian kedepannya? Tapi ingat, kalian juga harus menjaga privasi dari sang idol selama kegiatan fansign, ya! (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *