Salah satu reporter Billboard harus turun tangan untuk memberikan klarifikasi, setelah banyak netizen menuding Bangtan Boys melalukan manipulasi.

Beberapa waktu lalu, Billboard memang telah mengumumkan bahwa Bangtan Boys telah mencetak rekor baru dengan ranking chart tertinggi di Bilboard 200 dan mendapatkan penjualan album tertinggi pada minggu pertama.

Dengan menempati ranking ke-26, Bangtan Boys berhasil memecahkan rekor 2NE1 yang sebelumnya menempati urutan ke-61 pada chart Billboard 200. Bangtan Boys juga berhasil memecahkan rekor EXO dengan angka penjualan 16 ribu keping album pada minggu pertama di Amerika Serikat.

Namun rekor ini rupanya menuai cukup banyak komentar miring dari berbagai pihak, yang bahkan menuding Bangtan Boys telah melakukan tindakan manipulasi atau dalam bahasa Korea disebut dengan istilah “Sajaegi”.

 

Reporter Billboard bernama Jeff Benjamin yang diketahui memang aktif di komunitas K-Pop menuliskan di Twitter, “Tunggu, apakah orang benar-benar berpikir kalau Bangtan Boys kemungkinan melakukan manipulasi agar bisa masuk dalam chart? Sangat tidak mungkin karena ada aturan yang diberlakukan, jadi hal seperti ‘Sajaegi’ tidak mungkin terjadi,” tulisnya. (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *