Kontroversi chant ‘Saranghaja’ yang didengungkan oleh Pinky IOI pada kemenangan pertama lagu ‘Very Very Very’ di ‘Show Champion’ 26 Oktober lalu masih terus berlanjut.

Pinky menuai protes dari penggemar EXO karena dinilai ‘mencuri’ chant yang dianggap telah menjadi ciri khas idola mereka, EXO. EXO-L Korea kabarnya menuntut permintaan maaf dari IOI atas ucapan Pinky tersebut.

Baca Juga: Pakai Chant ‘Saranghaja’, Pinky I.O.I Picu Kemarahan EXO-L Korea

Namun setelah menuai banyak protes kepada Pinky, EXO-L Korea justru balik dikritik para netizen. Beberapa kalimat kritikan yang dilemparkan netizen seperti, “Mereka (EXO-L Korea) sudah gila. EXO harus menyingkirkan penyakit menaun dari fandom ini,”

 

“Maaf untuk mengatakan bahwa EXO-L Korea begitu sensitif terhadap hal apapun. Aku pikir suatu hari, mereka mungkin mempermasalahkan udara yang sama-sama dihirup oleh idol lain dan EXO. Aku suka musik EXO tapi karena omong kosong EXO-L ini membuatku tidak menyukai EXO lagi seutuhnya,”

“Ini omong kosong besar. Menuntut permintaan maaf? Oh tolonglah! Mereka (IOI) tidak perlu minta maaf karena kebebasan ini. Maksudku, mengapa mereka harus minta maaf? Apakah EXO membuat hak cipta dengan chant mereka? Chant ini bisa digunakan siapa saja. IOI tahu mereka akan segera bubar. Mereka benar-benar perlu mencintai satu sama lain pada saat ini karena mereka tidak akan bersama lagi. Dan bahkan jika EXO membuat kalimat ini populer, tentu saja mereka akan menggunakan ini untuk mendorong ini menjadi sangat populer (untuk digunakan). Komedian menggunakan chant ini untuk lelucon mereka dan itu baik-baik saja. Jangan membuat alasan untuk membuat IOI minta maaf.”

Bagaimana menurut kalian tentang permasalahan ini? (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *