Sempat dituduh plagiat lagu band asal Belanda, produser yang menjadi composer untuk salah satu lagu BTS akhirnya angkat bicara.

Tricky Stewart, produser sekaligus composer yang menangani produksi lagu ‘Cypher 4’ dalam full album ‘WINGS’ secara resmi meminta maaf kepada publik khususnya para penggemar, setelah banyaknya tuduhan yang mengarah pada BTS karena instrumen lagunya itu terdengar sama dengan lagu dari band asal Belanda yang dirilis 2015 lalu.

Melalui akun Twitter resminya, produser pada awalnya menjelaskan bahwa dirinya sangat gembira diminta untuk berkontribusi dalam proyek comeback BTS. Ia kemudian menuliskan, “Tanpa sepengetahuanku, salah satu dari orang yang berkolaborasi denganku, Spanker, merilis versi lagu untuk sebuah grup bernama SFB di negara asalnya dari Belanda pada 21 November 2015.

Karena aku tidak menyadarinya hingga sekarang, aku tidak dapat membicarakan informasi ini kepada Big Hit dan BTS. Aku sangat bangga dengan bagaimana Chyper dihasilkan, dan menjadi bagian dalam album ‘WINGS’, tapi aku sangat, sangat meminta maaf atas kebingungan yang menyeret BTS, Big Hit dan khususnya para penggemar penuh gairah di seluruh dunia. Spanker dan aku menantikan untuk bekerja sama dalam hal musik lebih banyak untuk BTS kedepannya,” tutup Tricky Stewart.

 

Tidak hanya produser yang bertanggung jawab terhadap musik, Big Hit Entertainment selaku agensi juga membuat pernyataan tentang masalah ini. Agensi menyatakan, “Tricky Stewart dan manajemennya telah mengakui kesalahan mereka dan mengambil tanggung jawab penuh, serta berjanji untuk menangani situasi secepat mungkin untuk meminimalkan kerusakan pada BTS. BTS tidak bersalah. Sebaliknya, mereka adalah korban. Dengan demikian, kami meminta maaf [dari Tricky Stewart] untuk BTS dan penggemar di seluruh dunia.

Dengarkan kesamaan intrumen dari lagu ‘Strangers’ SFB dan ‘Chyper 4’ BTS berikut ini! (www.kpopchart.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *