Bukan rahasia lagi kalau di Indonesia sendiri masih sedikit orang yang mendengarkan lagu secara legal.

Menggunakan situs-situs ilegal untuk mendownload lagu dipicu karena masih sulitnya mendapatkan lagu secara legal, terutama untuk lagu K-Pop.

Walau kini sudah banyak penyedia musik yang menyediakan layanan download dan streaming secara legal, seperti iTunes, Apple Music, hingga Spotify, namun beberapa lagu K-Pop juga masih sulit untuk ditemukan pada layanan tersebut. Namun bagaimana dengan para penggemar di Korea sendiri?

Ternyata di Korea juga tidak jauh berbeda. Walau di Korea banyak sekali layanan download dan streaming lagu resmi, namun masih banyak orang yang mengunduh lagu secara ilegal di internet.

Seperti pengakuan para netizen di situs Pann,

“Aku tahu aku sangat egois, tapi aku hanya membeli dan streaming lagu idolaku saja. Untuk sisanya, aku mendownload secara ilegal,”

“Sejak aku menyukai idol, aku merasa berdosa jika aku mendownload lagu secara ilegal. Aku selalu membeli dan streaming lagu secara legal setiap saat,”

“Aku tidak bisa membeli lagu dengan ponselku, jadi aku mendownloadnya secara ilegal,”

“Aku mendownload lagu secara legal. Sejujurnya, orang yang mendownload lagu secara ilegal adalah pecundang,”

“Orang yang mendownload lagu secara ilegal adalah orang yang tidak punya otak. Kalau tidak bisa membeli ya jangan download lagu, kenapa harus mendownloadnya secara ilegal?”

“Orang-orang di sekitarku menggunakan 4Shared. Aku merasa berdosa,” tutur netizen lain.

Bagaimana pendapat kalian soal fenomena mendownload lagu secara ilegal? (www.kpopchart.net)