Korea Selatan, pada Senin (12/09) dilanda gempa besar dengan kekuatan 5,4 skala richter. Gempa ini mengundang rasa prihatian dari kalangan idol K-Pop salah satunya Chanyeol EXO.

Sesaat setelah Korea diguncang gempa besar, Chanyeol langsung tanggap memberikan tips keselamatan untuk semua orang melalui akun Instagramnya.

Chanyeol secara panjang lebar menerangkan, “Aku harap tak ada seorangpun yang terluka.. Kalian tidak akan pernah tahu jadi semua orang ingatlah petunjuk ini. Gempa bumi dapat pergi setelah satu atau dua menit sehingga kalian harus berlindung dibawah meja atau tempat lainnya yang serupa dan ketika tidak ada meja, cobalah lindungi kepala kalian dengan bantal. Buka semua pintu untuk jalan keluar dan matikan semua layanan gas dan listrik. Ketika bencana terjadi, kalian harus tenang dan memadamkan api.”

“Tiga kali optimal jika bisa mencegah kebakaran sebelum gempa, setelah gempa dan ketika saat apinya mulai berkurang setelah kebakaran. Selama gempa, kaca dan puing-puing bisa runtuh, sehingga sangat berbahaya, sehingga kalian harus pergi keluar.”

“Ketika gempa bumi atau kebakaran terjadi, kalian tidak boleh naik lift dan ketika kalian diberada di lift, maka kalian harus menekan semua tombol dan bergegas turun dan menemukan penutup. Jika kalian terjebak didalam, segera minta bantuan dari intercom.”

“Setelah guncangannya berhenti, segera melarikan diri ke halaman atau taman. Jangan berdiri di dekat dinding bata atau mesin penjual, karena ada kemungkinan akan runtuh.”

Semoga tips keselamatan yang diberikan Chanyeol EXO bermanfaat untuk kita semua dalam mewaspadai gempa bumi. (www.kpopchart.net)